Cari di blog ini

Links

Followers

Advertisers


Masukkan Code ini K1-B133A2-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

17 November 2010

Memahami Karakteristik Media Televisi

Pada bagian ini anda akan diajak untuk lebih memahami lebih jauh tentang media televisi, baik itu melalui karakteristik televisi sebagai media massa maupun karakteristik teknis dari televisi sebagai media visual gerak.Pemahaman tentang karakteristik ini dianggap penting, karena dalam karakteristik ini akan dibahas hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pengembang program televisi, baik itu sebagai penulis naskah maupun pelaksana produksi.Bagi penulis naskah program televisi, ia akan dapat memilih materi yang cocok untuk ditelevisikan dan memaksimalkan potensi televisi sebagai media. Sedangakan bagi pelaksana produksi ia dapat mengantisipasi hal-hal yang menjadi keterbatasan televisi sebagai media, khususnya keterbatasan dari segi teknis. Oleh karena itu sekali lagi, dengan mengenal secara baik karakteristik media televisi akan membantu dalam mewujudkan suatu program televisi yang bermutu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan satu persatu.

Karakteristik televisi sebagai media massa

Berbeda dengan penonton film, penonton televisi mempunyai karakteristik yang agak unik, karena masing-masing mempunyai kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Selain itu penonton televisi (broadcast ) tersebar di mana-mana. Penonton televisi boleh dikatakan bebas, artinya sesorang menonton televisi bukan karena paksaan tetapi karena tertarik dengan suatu program tayangan. Mungkin program yang ditayangkan sesuai dengan kebutuhannya, mungkin juga karena tidak ada hiburan lain. Namun sebagai seorang (calon) pengembang program televisi, anda harus menyadari sepenuhnya keaneka ragaman jenis dan sifat penonton ini, karena tidak mungkin kita dapat membuat program yang memenuhi kebutuhan semua khalayak. Untuk mengatasai keaneka ragaman tersebut maka sebaiknya tentukanlah satu kelompok sasaran yang memiliki sifat, karakter dan latar belakang yang sama.
Bila anda sudah menentukan sasaran yang jelas, usahakanlah meraih perhatian mereka semaksimal mungkin melalui setiap gamabar yang terlihat dan suara yang terdengar. Atau dengan kata lain, setiap gambar , setiap kata dan bunyi yang kita bangun harus ada maksudnya dan mampu menarik perhatian penonton.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Memahami Karakteristik Media Televisi”

donate here

VOA News: Asia

BBCIndonesia.com | Berita Dunia | Indonesian News index

ANTARA - Berita Terkini

KOMPAS.com - Nasional

BALIPOST.com

detiknews - detiknews

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Sindikasi welcomepage.okezone.com

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT