Cari di blog ini

Links

Followers

Advertisers


Masukkan Code ini K1-B133A2-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

15 April 2008

Citizen Jurnalism

Baru-baru ini di Indonesia berkembang istilah Citizen Jurnalism yang kemudian banyak diterjemahkan sebagai: jurnalisme orang biasa. Menurut website Wimar Witoelar di prespektif.net, dunia pemberitaan di era baru memungkinkan pertukaran pandangan yang lebih spontan dan lebih luas daripada media konvensional dimana Tiap orang bisa menerbitkan berita, tiap orang bisa menanggapi, demikian ungkapan populernya. Pendek kata : Ada demokratisasi informasi dan ekspresi.

Kalau kita mau melihat perkembangan saat ini, kita bisa melihat bagaimana perkembangan detik.com, radio elsinta, maupun diterimanya video amatir di MetroTV dan juga iklan Citizen Jurnalism-nya Koran Republika atau iklan Media Indonesia.

Bahkan obyek pemberitaanpun saat ini mulai berimbang antara berita tentang elit dan berita tentang orang kebanyakan. Kita bisa melihat fenomena tokoh ‘anti hero’ Thukul Arwana yang laris manis sebagai representasi hiperbolis orang kebanyakan, atau reality show atau lomba adu bakat seperti supermama atau lomba penyanyi dangdut. Dalam dunia anak kita juga bisa melihat ketika ada Si Bolang dan Lap Top Si Unyil yang mencoba memperlihatkan tokoh ‘apa adanya’. Pada sisi lain, kita juga bisa melihat bagaimana acara TV Republik Mimpi menjadi banyak penggemarnya karena cenderung membawa pesan demitologisasi elit. Tentunya ini belum lagi pada fenomena banyanya blog-blog dalam berbagai jenisnya yang lebih ‘liberal’ dalam ekspresi dan pengemasan informasi.
Karakter media yang merubah dirinya menjadi lebih ramah dengan suara khalayak dan menjadikan dirinya sebagai saluran ‘ekspresi dan kepentingan’ khalayak inilah model media yang menjadi buah era reformasi dan juga fenomena Globalisasi hasil revolusi Teknolog Informasi.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Citizen Jurnalism”

donate here

VOA News: Asia

BBCIndonesia.com | Berita Dunia | Indonesian News index

ANTARA - Berita Terkini

KOMPAS.com - Nasional

BALIPOST.com

detiknews - detiknews

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya: RSS 0.92

Sindikasi welcomepage.okezone.com

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT